Kamis, 04 Agustus 2011

Analogi Fisika


Setelah hampir 3 tahun gk belajar formal fisika di SMA, waktunya mengulas kembali..hehe...Berikutnya menganalogikan fisika dalam aplikasi kehidupan sehari-hari :)
1. Semakin jauh benda dari pusat orbit, maka gerakannya akan semakin lamban.
Sama seperti kt apabila jauh dari orbit God Spot (Sang Khalik), maka kehidupan akan berjalan berat dan banyak keluhan..

2. tubuh manusia itu tersusun hampir seluruhnya dari air, jadi wajar kalau mudah diombang-ambingkan oleh tekanan(kesulitan). yang penting ikuti rumus P=F/A. dimana supaya P=0 maka A harus bernilai tak hingga. Dalam kehidupan nyata maka A adalah ilmu dan sabar.

3. Perahu yang ada di permukaan lebih cenderung terombang-ambing, namun kapal yang menyelam di kedalaman jauh lebih tenang.
Begitu juga dalam kehidupan, kt harus belajar utk menyelami lebih dalam hakikat hidup, karena begitu byk pelajaran yg tampak di permukaan terlihat biasa saja, tp begitu melimpah dan luar biasa jika diselami.

4. W=F.s, usaha terjadi ketika gaya yang bekerja pada suatu benda tersebut mengalami perpindahan... Jika kt telah melakukan perpindahan utk menjadi org yg lebih baik, berarti kt telah menempuh usaha dengan gaya (sikap dan perspektif) kita yang lebih maju. Dan karena usaha adl salah satu bentuk energi, dan energi sgt dibutuhkan oleh manusia (ex : energi panas, listrik)..maka dengan melakukan usaha berarti kita telah bermanfaat bagi orang lain, karena scr tidak langsung kt juga telah memberikan energi(manfaat) ke orang.


5. Hukum III Newton : F aksi = - F reaksi,, artinya apapun perbuatan yang kt lakukan, baik itu kebaikan atau keburukan akan mendapat balasan yang setara (jk belum di dunia, maka yakin bhw balasan atas perbuatan kt akan sempurna di akhirat).

6. Hukum I Kepler, menjelaskan bahwa setiap planet bergerak mengelilingi matahari dalam lintasan berbentuk elips dan matahari terletak pada salah satu titik fokus elips.
Nah, kt asumsikan planet itu seperti manusia yang mengorbit pada Sang Khalik dalam lintasan yg berbentuk elips.. Lalu, kt berpikir jk bentuknya elips tentu planet akan punya satu titik dmn planet ada dalam keadaan titik terjauh (perihelium) dan titik terdekat (aphelium) nya dgn orbit... Sama seperti iman manusia, yg terkadang punya saat2 titik terlemah dan titik terdekat dgn Tuhannya, namun sekalipun kmu sdang berada di titik terlemah, usahakan agar kamu tdk melenceng dan terlempar dari orbitmu kepada Tuhanmu. Karena jika satu planet saja terlempar dr garis edarnya, bs mengacaukan seluruh sistem tata surya.


7. Hukum kekekalan momentum. energi kinetik saat terjadi tumbukan akan sama besarnya dgn energi kinetik selepas tumbukan.
Jika energi kinetik awalmu adalah 0 (potensial) maka jika ada tumbukan yang keras dalam hidupmu akan membuat engkau begerak menjadi enegi kinetik yg mempunyai kecepatan luar biasa . Terkadang dgn adanya sedikit 'tumbukan' dalam hidup akan menggerakan kt menuju proses kedewasaan tingkat demi tingkat. Wisdom is a healed pain.



8. Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang transversal yang dapat merambat melalui ruang hampa. Arah perambatan gelombang ini tidak dapat dibelokkan oleh medan listrik bahkan medan magnet sekalipun.
Tahukah engkau? Bahwa manusia bisa berkomunikasi dengan menggunakan jantung (qalbu) nya tanpa harus bicara... karena jantung mempunyai gelombang elektromagnetik, dgn kekuatan pikiran dan doa, kt dpt menyampaikan suatu pesan dgn gelombang transversal, dan jika pesanmu adalah doa kepada Tuhan, maka yakinlah doa itu akan sampai kepada-Nya, krn doa yg tulus itu seperti gelombang elektromagnetik yang merambat hingga ke langit ke-7 dan menembus Arasy, tempat Sang Khalik berada. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar