Sabtu, 31 Juli 2010

Magic of Number

Pernah nonton joe sandy di the master??
masih inget ttg yg A square of Knight dimana pion kuda dijalankan satu demi satu sampe menempuh semua koordinat catur??
atau penjumlahan angka dimana jumlah horizontal, vertikal, diagonal, 4 kotak atas kiri kanan,bawah kiri kanan,dan tengah,,jumlahnya semua sama..

setelah saya meluangkan cukup wkt liburan utk nebak2 gimana caranya, dan mengamati angka2 yg wkt itu akhirnya saya dpt jawabannya jg walaupun gak spesifik,,tp yg saya tau dr 2 magic shows yg pernah joe sandy bawakan itu ternyata ada polanya dan dua2nya menurut saya make prinsip permainan sudoku,dmn tiap kelompok angka di satu baris/kolo cuma boleh dimasukkin slh satunya aja, gak boleh ada kelompok angka diletakkan dlm baris atau kolom yg sama..hehe,
jd sebenernya kita yg org awam jg bs menerapkannya asal tau polanya..
sedikit bocoran aja klo utk yg :

1. Menjumlahkan semua sisi horizontal, vertikal , diagonal supaya sesuai dgn angka yg kita mau dlm matriks 4x4.. contoh : penonton meminta angka n=46, maka gambar ini adl salah satu dr sekian banyak pola yg bisa digunakan
alt=""id="BLOGGER_PHOTO_ID_5500157180155545586" />

*maaf, klo tulisan di gambar ini jelek dan seadanya,,hahaa..Hint : jd klo anda masukkin angka2 diatas ke dlm matriks, dan n adl jml yg anda tentukan penjumlahan sisi2 tiap matriks..maka dgn pola2 dan rumus diatas jml yg anda dapatkan akan sama di semua sisi..kenapa??krn prinsip sudoku bekerja disini,,angka 1,2,3,4 ditempatkan di baris yg berbeda& tdk boleh berpotongan, begitu jg kelompok 5,6,7,8,dst..



2. A square of magic,,masih inget duet permainan joe sandy sm deddy corbuzer buat nemuin rute pion kuda?? disini jg ada sedikit polanya poin terpentingnya adl sbb :
poin catur ukuran 8x8 dibagi jd 4 kotak dimana di tiap 4 kotak itu kita bakal maen prinsip sudoku lagi tp dgn asumsi langkah yg harus dilakukan adl Letter L..
ini sedikit contohnya :









bagaimana rumusannya?? ada brp poin penting yg jd dasar buat nentuin kemana pion melangkah :
1. jumlah seluruh baris dan kolomnya adalah mesti 260 dan setengah sisi baris dan kolomnya otomatis adl 130..
bagaimana utk mendapatkan jml 130?? pertama di matriks 8x8 kita bagi 4 bagian jd 4x4, dinamakan matriks A, B, C dan D sbb :




maksud angka 1,2,3,4...16 yg ada di kotak tsb adl kelompok angka yg harus dilangkahkan
kelompok 1 =adl memasukkan angka 1-4 di kotak A
kelompok 2= memasukkan angka 5-8 di kotak C
kelompok 3 memasukkan angka 9-12 di kotak D
kelompok 4= memasukkan angka 13-16 di kotak B

kelompok 5 = memasukkan angka 17-20 di kotak B
kelompok 6= memasukkan angka 21-24 di kotak D
kelompok 7 = memasukkan angka 25-28 di kotak C
kelompok 8= memasukkan angka 29-32 di kotak A

kelompok 9= memasukkan angka 33-36 di kotak B
kelompok 10=memasukkan angka 37-40 di kotak D
kelompol 11 memasukkan angka 41-44 di kotak C
kelompok 12 memasukkan angka 45-48 di kotak A

kelompok 13 memasukkan angka 49-52 di kotak A
kelompok 14 memasukkan angka 53-56 di kotak C
kelomp0k 15 memasukkan angka 57-60 di kotak D
kelompok 16 memasukkan angka 61-64 di kotak B

syarat dlm memasukkan angka2 di tiap kotak tsb adalah dgn prinsip sudoku dan letter L, sbg contoh angka 1 dan 2 tdk boleh diletakkan dlm baris/kolom yg sama..

1 komentar: