Sabtu, 31 Juli 2010

Analog Patas 84

Ibaratnya jika hidup ini seperti angkutan umum, maka kamu bukan menjadi penumpang yang hanya mengikuti kemana angkutan berjalan,dimana kamu gak bs berbuat apa2 ketika angkot itu tersesat, keabisan bensin, mogok, ngetem, nabrak pohon, kecebur kali, jungkir balik, kayang atau apapun itu (mulai lebai)..dan kamu Cuma bs ngikutin kemana arus membawamu..Enggak, hidup itu bukan Cuma jd sekedar penumpang atau kalimat lbh gampangnya kita idup bukan cuma sekedar numpang, melainkan berbuat sesuatu utk hidup kita, berkontribusi utk hidup kita, membuktikan eksistensi kita bhw kita jg bs berguna utk masyarakat..


Sekali lg, kamu bkn penumpang dlm hidup,, melainkan kamu adalah supir yg bebas menentukan kemana setir akan berputar, kemana kendali akan kau arahkan, kemana angkutan itu akan kau bawa, dan kemana roda akan melaju..apakah ke sebuah tempat yg indah seperti pegunungan, pesisir laut,telaga, bukit, atau ke negeri awan,berjalan di atas pelangi???..iya,,,,semua itu ada di tanganmu yg akan menggerakkan setir kehidupanmu…kalau kamu menggerakanny dgn ceroboh dan tanpa pedoman arah entah itu mata angin,kompas, peta,atau denah maka angkot itu bakal tersesat, sama seperti kehidupanmu yg tanpa berpedoman agama, akhlak yg baik, cita2, atau apapun yg dapat membuat hidupmu terasa lebih indah, baik dan berguna..


Kemana roda akan diarahkan semua ada di tanganmu… apabila kau ingin supaya bs lebih cepat sampai tujuan, maka akselerasi dicepatkan, speedometernya jg..kamulah yg punya hak utk itu,,apa angkotmu mau digas atau enggak,,semua ada di tanganmu yg memegang roda giginya(namanya apa ya gw lupa)supaya bs cepet sampe tujuan..
Sama halnya seperti hidupmu, seberapa cepat jarum speedometer angkot km, menggambarkan seberapa besar upaya kamu utk mencapai tujuan hidup kamu sehingga semakin besar usaha kamu mencapai sst, maka velocity kamu utk lebih cepat sampai jg meningkat..

Hal itu menjawab knp ada rumus v=s/t krn semakin besar v(upaya) maka t (waktu) utk sampai ke tempat tujuan km akan lebih cepat..sedangkan s(jarak) atau seberapa tinggi cita2 kamu,, adalah variable independen yg bebas kamu tentukan berapa nilainya..
jika cita2mu semakin tinggi, maka jarak jalan (s) yg harus ditempuh otomatis harus lebih panjang dr org yg cita2nya tdk terlalu tinggi..

dan dari semua itu, kamu yg bebas menentukan brp persamaan variabelnya dan nilai yg cocok utk hidupmu..
--------


Namun, di sisi lain, kamu tdk boleh mengabaikan faktor2 lain seperti arus kemacetan lalu-lintas(Jakarta banget), kepadatan mobil, perapatan, pertigaan, lampu merah, polisi tidur, polisi bangun,hujan badai,petir, geledek, tikungan, tanjakkan, turunan, integral(emang ada y) dan lain2 yg bs menghambat kamu supaya sampe tujuan itu,, knp?? krn klo kamu tetep maksain ngegas pada situasi seperti di atas, maka yg terjadi adalah kecelakaan (nauudzubilah)…
yup,,klo kamu tetep maksain ningkatin kecepatan di saat jalan lg macet, yg ada bknnya makin cepet sampe, malah nabrak mobil di depan, masuk rmh sakit, dimintain ganti rugi, apes dah..sama aja kyk idup,,klo lg ditimpa hal2 yg gak enak, pelan2 dulu ngadepinnya,jgn terburu emosi,,tetep tenang dan sabar, kayak peribahasa biar lambat asal selamat… diasumsikan berlaku utk keadaan diatas..Kenapa mesti byk bgt factor hambatan di jalan hidup kta?? Krn hidup tidaklah jalan tol yg selalu lancar satu arah (walaupun kenyataannya sering jg macet xp),perjalanan tdk akan selalu mulus,,pasti akan ada aja hambatan utk mencapai tujuan..
namun klo km misalnya bener2 tetep ngotot pengen lwat jln tol yg lancar, km tetep mesti ngeluarin duit lebih byk bkn??duit ini diasumsikan sumber daya/potensi yg ada di diri kita..:)


Yup,finally ibarat angkot yg belom punya jurusan, seperti itulah kita (klo anda enggak,saya aja jg boleh)..kita gak tau gimana sebenernya masa depan kita..tp krn kita yg megang setir hidup,,jd kita bebas menentukan arahnya, walaupun masih belum tau jalan-jalan yg bakal ditempuh, persimpangan mana yg kita ambil, dan akan ada tikungan, tanjakkan , turunan ,atau jalan curam apa yg bakal membentang di depan,,tp tetaplah melaju , melaju dan melaju….krn jalanmu masih panjang utk meraih tempat impuanmu :')
InsyaAllah,kamu dilancarkan utk sampai tujuan yg kamu inginkan itu,tempat impian itu..dan jk kamu udh sampai,,say welcome to the your end destination of jouney!!!


Tak lupa, Saya jg percaya kata pepatah “setiap orang dimudahkan sesuai dgn utk apa ia diciptakan”..artinya klo saya tdk direstui oleh Allah di jalan yg mau saya ambil, pasti ada aja penghalang yg gak memungkinkan..contoh gampangnya aja yg nyata : dr kosan gw brgkt jam 7, pengen ampe rumah jam 9... it’s means saya mesti dapet patas 84 yg jam 8, klo mau nyampe rumah jam 9..tp kenyataannya??? ampe jam 8 kurang gw nunggu bikun kga dateng2 (bego)…jd gagallah rencana saya utk nyampe rmh jam 9..tp di sela2 nunggu bikun gw sadar,,gw lupa bawa konci rumah,dan hp gw ketinggalan di kosan”hahaa..untung gw masih nunggu di kutek..apa jadinya klo gw udh di 84 apalagi di jalan tol..hahaa….
Iya..menurut saya seperti itu, kamu memang menentukan tujuanmu, tp di satu sisi lain Allah akan membimbingmu dan menunjukkan jalan yg terbaik menurut-Nya..jadi kalopun km gagal merancang jalan beserta jurusan angkotmu(misalnya gagal mau ke depok gr2 ujan), bukan berarti gagal dlm meraih tujuan hidup seluruhnya..siapa tau klo beneran km terusin jalan itu,malah jd tersesat..who knows kan??

Intinya just believe and do your best!! Ok,dah pi..

*terinspirasi dr kisah pahit-manis gw bolak-balik naek patas 84,,selama semester pendek..hmm....lain kali gw yg jd sopir dah…haha, xp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar